Transformative Learning Informal Education Symbols and Meanings of Traditional Marriage Traditions of The Malay Community of The Riau Islands to The Younger Generation (Ethnographic Study on Penyengat Island, Tanjung Pinang City)

Zulkarnain Zulkarnain, Kukuh Miroso Raharjo, Umu Dawatul Choiro, Muhamad Fahrur Rozi

Abstract


Melayu Kepualaun Riau adalah suku bangsa memiliki tradisi adat, salah satunya adalah tradisi adat perkawinan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, implementasi tradisi-tradisi tersebut mengalami perubahan, disebabkan setiap masyarakat akan selalu mengalami perubahan sosial, khususnya pada tradisi adat perkawinan. Perkawinan mempunyai arti yang sangat penting dalam kehidupan pada masa depan pendidikan informal. Transformatif learning adalah sebuah proses perubahan yang mendasar pada diri manusia dan pembelajaran yang menghasilkan perubahan mendasar pada diri generasi milinial. Jika dahulu belajar hanya mengedepankan aspek kognitif, akan tetapi pembelajaran transformatif menampilkan pembelajaran ke dalam suatu keadaan yang mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki peserta didik serta memotivasi pembelajar dalam usaha pengalaman pembelajaran. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripikan proses tradisi adat perkawinan masyarakat melayu sebagai pendidikan informal di pulau penyengat; (2) Mendeskripsikan Pembelajaran transformatif  pendidikan informal makna dan simbol adat perkawinan masyarakat melayu pulau penyengat  kepada generasi muda. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara mendalam,  observasi partisipatif dan studi dkomentasi. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: (1) proses tradisi adat perkawinan masyarakat melayu sebagai pendidikan informal Proses adat istiadat perkawinan  pada masyarakat Melayu ini juga sebagai proses pendidikan informal dimana terjadi proses yang berlangsung sepanjang usia sehingga setiap orang memperoleh nilai, sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang bersumber dari pengalaman hidup sehari- hari, pengaruh lingkungan termasuk di dalamnya pengaruh kehidupan keluarga, hubungan dengan tetangga atau masyarakat. sakral . Acara perkawinan masyarakat Melayu Kepulauan Riau sebagaimana panjangnya merupakan suatu proses adat istiadat yang perjalanan yang harus dilakukan menjadi lembaga majelis perkawinan yang begitu suci, (2 Pembelajaran Transformatif  Pendidikan Informal Makna dan Simbol Adat Perkawinan Masyarakat Melayu Pulau Penyengat  Kepada Generasi Muda pada masyarakat Melayu Kepulauan Riau semakin mudah menerima perubahan tanpa menyedari perubahan yang drastis memberi kesan terhadap keaslian adat istiadat itu sendiri. Hal Ini menjadikan masyarakat Melayu begitu terbuka dan tidak menutup sesuatu yang baru  serta mempunyai daya untuk membuat perubahan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, C. Z., Yahya, M. Z., & Alias, B. (2015). Adat Perkahwinan Masyarakat Melayu, Kesejajarannya dengan Nilai Islam: Kajian di Shah Alam. ICOMHAC2015 Eproceedings. Retrieved from https://ir.uitm.edu.my/id/eprint/35772/1/35772.pdf

Amir, J. (2005). Antara Konflik dan Kebobrokan, Seminar Teori dan Kritikan Sastra melayu serantau. Dewan Bahasa Dan Pustaka, 1.

Amiruddin, & Teja, A.-H. (2006). Butang Emas Warisan Budaya Melayu Kepulauan Riau. Tanjung Pinang: Pusaka Bunda.

Britton, A. M. (2012). The Beauty Industry’s Influence on Women in Society. United States: University of New Hampshire.

Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, J. W. (2010). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. Thousand Oaks california: SAGE.

Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau. (2023). Melayu di Kepulauan Riau. Retrieved from disbud.kepriprov.go.id website: https://disbud.kepriprov.go.id/melayu-di-kepulauan-riau/

Featherstone, M. (1991). Consumer Culture and Postmodernism. London: Sage Publications.

Ghalib, W. (1991). Adat Istiadat Melayu di Bekas Kerajaan Siak Sri Indrapura. Pekanbaru: Lembaga Adat Daerah Riau. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=-mLuHAAACAAJ

Hairudin, M. Z. M. (2018). Konsep Mahar dan hantaran Menurut Perspektif Al-Sunnah: Kajian Terhadap Kitab Sahih Bukhari Bab Nikah. Universiti Islam Antara Bangsa Selangor.

Hardika, E. N. A., Raharjo, K. M., & Aptiningsari, D. (2020). Pembelajaran Transformatif: Model Pembelajaran yang Memberdayakan. Malang.

Ibrahim, S. Z., Yama, P., & Talib, H. (2018). Hantaran kahwin dalam ‘urf perkahwinan Melayu: Satu kajian dari sudut qh kontemporari. e-Prosiding. Persidangan Antarabangsa Sains Sosial dan Kemanusiaan. PASAK3. 23-24 April. Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor. E-Prosiding Persidangan Antarabangsa Sains Sosial Dan Kemanusiaan.

Ismail, R. (2008). Cabaran pembangunan dilema persekitaran. Prosiding Persidangan Kebangsaan Pusat Pengajian Sosial, Pembangunan & Persekitaran.

Kasimin, A. (1989). Istiadat perkahwinan Melayu Satu Kajian Perbandingan. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementerian Pendidikan Malaysia.

Mezirow, J. (1978). Education for Perspektif Transformation: Women’s Re-entry Programs in Community Colleges. New York: Columbia University.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Moedzakir, D. (2010). Metode Pembelajaran Program-Program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UNM Press.

Mohajan, H. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1).

Mohamed, A., Sulong, M., & Haziyah, H. (2010). Makanan Hantaran dalam Perkahwinan Melayu Kelantan: Adat Dan Interpretasi. E-BANGI : Journal of Social Sciences and Humanities, Jurnal e-B(5), 1.

Nauli, P., & Rina, ohmah A. (2022). Nilai-Nilai Tradisi pada Upacara Tepuk Tepung Tawar Perkawinan Adat Melayu di Desa Rambah Hilir Timur. Journal of Social Science of Education, 02(01).

Sa’at, N. H., Mamat, I., Zaifurin, W. M., & Nawang, W. (2017). Pola Perubahan Sosiobudaya dan Mobiliti Sosial dalam Kalangan Komuniti Muara di Pantai Timur Semenanjung Malaysia. Akademika, 87(3).

Salleh, K. (2010). Adat dan Pantun Perkahwinan Melayu: Penyeri Impian Teruna dan Dara. Selangor: Tinta Publishers.

Sallehuddin, M. K. M., Sarifin, M. R., & Sukimi, M. F. (2020). Konsumerisme dan Kelas Sosial dalam Majlis Perkahwinan Masyarakat Melayu Consumerism and Social Class Wedding in the Malay Society. Akademika, 90. https://doi.org/10.17576/akad-2020-90IK1-03

Saputri, A. D., Wahyuni, S., & Solina, E. (2023). Perubahan Prosesi Pernikahan Adat Melayu di Kabupaten Lingga. SOSIOLOGIA: Jurnal Agama Dan Masyaraka, 2(1).

Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahab, M. A. A., Shahiri, H. I., Mansur, M., & Zaidi, M. A. S. (2018). Kos Sara Hidup Tinggi di Malaysia: Pertumbuhan Pendapatan Isi Rumah yang Perlahan atau Taraf Hidup yang Meningkat? Jurnal Ekonomi Malaysia, 52(1).

Yamin, A., Damanhuri, Wijayati, M., Nikmatullah, N., Ohira, N., & Ni’mah, Z. (2020). Islam Indonesia Dialektika Agama, Budaya, dan Gender (LKiS, Ed.). Yogyakarta.

Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guilford Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.