Motivation in Self-Directed of Learning TOEFL for Non English Students

Siti Isma Sari Lubis, Mahniza Melda, Fitri Yasih, Muhammad Fahrur Rozi

Abstract


TOEFL sebagai tes Bahasa inggris yang diperuntukkan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris, terutama bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris mendorong pelajar untuk belajar lebih jauh salah satunya adalah dengan melakukan pembeljaran mandiri. Self-directed ataupun pembelajaran mandiri adalah proses pembelajaran di mana individu mengambil inisiatif untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mereka sendiri. Penenlitian ini dilakasanakan secara quantitative dan kualitatif. Secara kuantitaif dilakukan dengan memberikan Angket kepada para pelajar yang akan mengikuti test TOEFL sebanyak 30 orang dan sedang mengikuti kelas pelatihan TOEFL. Secara kualitatif adalah dengan mengadakan  wawancara terhadap 6 orang partisipan yang diambil dari 3 pelajar dengan motivasi tinggi dan 3 orang pelajar dengan motivasi rendah. Data wawancara dianalisis menggunakan Analisis Tematik (Maguire & Delahunt, 2017) yang dilakukan melalui anotasi pada setiap transkrip wawancara dengan tema-tema potensial. Dari hasil angket dan wawancara yang diberikan kepada para siswa dapat disimpulkan bahwa pelajar yang memiliki motivasi tinggi cenderung akan melakukan pembelajaran secara mandiri daripada siswa dengan motivasi rendah. Hal ini dikarenakan siswa dengan motivasi tinggi biasanya telah menetapkan tujuan dan target yang akan dicapai sehingga mereka terkadang tidak merasa puas dengan apa yang hanya mereka dapatkan dari kelas pelatihan TOEFL.


Full Text:

PDF

References


An, Z., Lai, C., & Gan, Z. (2023). Motivation in Self-Directed Use of Technology for English Learning Among High, Average, and Low Achievers. System, 115. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.system.2023.103051

Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model Pembelajaran Self-Directed Learning Berbantuan Website Notion: Meningkatkan Kemampuan Berpikit Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3).

Bastari, K. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik Antara Tuntutan dan Tantangan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1).

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2). https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Brevik, L. M. (2019). Gamers, Surfers, Social Media Users: Unpacking the Role of Interest in English. Journal of Computer Assisted Learning, 35(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jcal.12362

Daulay, N. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).

Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of a Self-Directed Learning Readiness Scale for Nursing Education. Nurse Education Today, 21(7). https://doi.org/10.1054/nedt.2001.0589

Husna, A. H. (2022). Persepsi Mahasiswa (Non-English) Tentang Kebijakan Toefl Sebagai Syarat Kelulusan. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(1).

Inah, E. N., Ghazali, M., & Santoso, E. (2017). Hubungan Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar PAI di MTSN 1 Kona We Selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2).

Kaitlyn, S., & Logan, T. (2002). The king TOEFL Terlengkap. Bintang Wahyu.

Maguire, M., & Delahunt, B. (2017). Doing a Thematic Analysis: A Practical, Step-by-Step Guide for Learning and Teaching Scholars. AISHE-J, 8(3).

Naimah, K. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar PPKn, Kelas V SD Gugus Mawar, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang.

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Pesertas Didik di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(2).

Oktiwanti, L., Yuliani, L., & Qomariah, D. N. (2020). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Proses Selfdirected Learning Wanita Karir di Kota Tasikmalaya. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(1).

Peters, E., & Webb, S. (2018). Incidental Vocabulary Acquisition Through Viewing L2 Television and Factors that Affect Learning. Studies in Second Language Acquisition, 40(3). https://doi.org/DOI: 10.1017/S0272263117000407

Putra, A., & Syelitiar, F. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02).

Samini, S., Trisiana, A., & Jumanto, J. (2023). Analisis Penerapan Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 01 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 06(01).

Sihaloho, F. A. S., Artin, A. A., & Ediyono, S. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 15–31. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8869/2. fahmi ashari.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://dispora.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2018/05/UU-Nomor-20-tahun-2003-ttg-sistem-pendidikan-nasional.pdf




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.