Influence Visual, Copywriting, and Public Speaking on Social Media Accounts Instagram @Sidoarjokuliner in Attracting Consumers Buying Interest in Sidoarjo
Abstract
Media sosial Instagram telah menjadi platform yang berpengaruh dalam pemasaran dan interaksi sosial di era digital. Artikel ini meneliti penggunaan akun Instagram @Sidoarjokuliner sebagai contoh sukses pemasaran kuliner di Sidoarjo. Data insight menunjukkan kekonsistenan dalam unggahan juga menjadi faktor kunci dalam mempertahankan dan meningkatkan pengikut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Visual, Copywriting, dan Public Speaking pada Akun Media Sosial Instagram @Sidoarjokuliner dalam Menarik Minat Beli Konsumen di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial menggunakan pengukuran skala Likert. Teknik Analisa data penelitian ini mengguanakan aplikasi SmartPLS (Smart Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visual tidak berpengaruh secara signifikan, sedangakan copywriting dan public speaking berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen di Sidoarjo.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, M. (2022). Pengaruh Konten Instagram @Nujucoffee terhadap Minat Beli Konsumen. Universitas Lampung.
Akhsin, S. (2022). Pengaruh Copywriting dan Kualitas Visual Konten Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen pada Pengguna Instagram di Kelurahan Tanjung Selamat. 89.
April, V. N., Karno, A. I., Tinggi, S., Media, M., & Yogyakarta, M. (2024). Pengaruh Copywriting Tiktok Hyalucera Moisturizer The Originote terhadap Minat Beli Masyarakat Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menawarkan ( Rizaty , 2023 ). Jenis konten yang disajikan dalam TikTok sangat beragam , seperti edukasi. 2(2).
Dhiya’u, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Peringatan Visual dalam Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Respon Emosional sebagai Variabel Pemediasi (Studi Kasus Pada Pembeli Rokok Sampoerna A Mild di Warung Kopi Waris Tulungagung). Jurnal Ekonomi Bis, 21(2).
Fitri, I. S. (2020). Efektivitas Teknik Diskusi dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hadi Pradipta, T. (2023). Pengaruh SDM dalam Pengembangan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Eurogent Apparel. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Haidar, N. F., & Martadi, M. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv dalam Membentuk Customer Engagement. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 121–134.
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
James A.F Stoner, 2018 : 41). (1988). Landasan Teori اديدج. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 13, 17–39.
Jumliadi, M. (2020). Research Gap Dan Model Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Fertilitas: Suatu Studi Literatur. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 15(1), 52–60. https://doi.org/10.36086/jpp.v15i1.467
Kamil, I. (2021). Pengaruh Public Speaking Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kinerja Pelaku Bisnis Sektor Usaha Menengah Kecil Mikro (Umkm) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan New Media, 1(1), 23–34.
Khalil, I., Saggaff Shihab, M., & Hammad, H. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3), 307–317. https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3483
Kristiani, N. (2017). Penggunaan Peringatan Visual Dalam Pemasaran Sosial Dan Resiko Yang Dipersepsikan Konsumen : Pengaruhnya. IV(2), 12–26.
Mayasari, E. A., Putra, Y. P., & Puspita, N. vaulia. (2023). Pengaruh Copywriting terhadap Minat Beli Konsumen Food and Beverage dimediasi Brand Awareness pada Pengguna Instagram di Kediri. Accounting and Management Journal, 7(2), 63–71. https://doi.org/10.33086/amj.v7i2.4959
Michael, A. M. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SMARTPLS. Pascal Books.
Noor, M. I., Novianti, L. D., & Qadariah, L. (2015). Peranan Public Speaking Dalam Pelaksanaan Usaha Bagi Pelaku Umkm Program Pkw Lembaga Bee World Kota Banjarbaru. Peranan Public Speaking, 9.
Nugroho, T. A., & Azzahra, F. C. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 136–149. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1883
Olivia, J., Antonina, D., Jokom, R., & Iskandar, V. (2022). Analisa Pengaruh Kompleksitas Visual Pada Foto Makanan Di Instagram Terhadap Minat Beli Melalui Respon Emosional. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 84–92. https://doi.org/10.9744/jmp.7.2.84-92
Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459
Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Umkm Kedai Kopi Di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 187–199. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139
Pratiwi, G. W., & Andarini, S. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Copywriting dan Brand Awareness terhadap Consumer Interest pada Produk Menantea. 6(1), 756–765. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3735
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1).
Putra, I. G. N. B. S., Wardana, M. A., & I Made Darsana. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(1), 777–780.
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115
Selebriti, D., Komunikasi, D., Terhadap, L., Beli, M., & Pilotter, P. (2023). Peran Media Sosial Instagram The Role of Instagram Social Media, Celebrity Support, And Oral Communication Against Interest in Buying Pilotter Products. 7, 2247–2261.
Setiawan, Y. B., Setya, E. D., & Azwar, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Public Speaking Anggota Gerai Kopimi Semarang Selatan. Dimastik, 1(1), 62–68.
Wahyu, M. (2023). Pengaruh Persepsi Nilai dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Sepatu Olahraga dengan Dimediasi Sikap Konsumen. 02(02), 98–109.
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.