The Importance of Competency-Based Training in Improving Human Resources in The Digital Era

Nurhabibah Nurhabibah

Abstract


Pada era digital kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat. Hal ini tentu saja berdampak kepada aspek kehidupan manusia. Hal ini menjadi tantangan dan peluang bagi individu maupun suatu organisasi salah satunya sumber daya manusia. Berbagai persaingan terjadi diantara individu yang mengakibatkan perlunya tindakan untuk mengembangkan sumber dayanya yang lebih unggul. Artikel ini untuk mengetahui pentingnya diklat berbasis kompetensi dalam peningkatan sumber daya manusia di era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil kajian memperlihatkan bahwa pentingnya diklat berbasis kompetensi dalam peningkatan sumber daya manusia di era digital.

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. R. (2003). Kualitas Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama.

Andiny, T. T. (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Diakonia di Era Digital. Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 3(1), 82–87. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum

Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 156–164.

Rachmawaty, A., & Siagawati, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Membuka Peluang Bisnis Bagi Warga Di Desa Sindangsari. 6(1).

Rusman. (2022). Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2).

Sakti, R. T., & Mulyadi. (2015). Pelaksanaan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Penelitian Sosial Dan Politik, 4(2), 37–48.

Subandi, M. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Ilmu Sosial MAHAKAM, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.