IT-Based Learning Media Development Training To Support Independent Learning For Teachers In The City Of Sawahlunto
Abstract
Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis IT sangat diperlukan bagi guru dalam merancang proses pembelajaran agar penyemapaian materi pelajaran dapat terlaksana dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan fenomena yang ditemukan beberapa guru mengaku masih megalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran berbasis IT serta kurang mengetahui bagaimana cara menggunakan media IT dalam proses pembelajaran khususnya dalam penyampaian materi pelajaran, kurangnya pengetahuan guru tentang media IT, kemampuan guru dalam mengembangkan, mendesain serta membuat media pembelajaran berbasis IT masih sangat kurang, sebagian besar media pembelajaran yang digunakan guru tidak interaktif serta tidak sesuai dengan kebutuhan siswa pada era digitalisasi. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis IT. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari 2 tahapan; (1) tatap muka seperti Praktek dan Tutorial, (2) online melalui zoom dalam mengevaluasi dan merevisi produk yang dibuat. Responden dalam pelatihan ini yaitu guru dikota Sawahlunto sebanyak 40 guru, para guru dipilih oleh perwakilan dari sekolah yang ada di kecamatan Sawahlunto dengan harapan dapat menularkan kemampuannya kepada guru-guru lain di sekolahnya. Hasil dari pelatihan yaitu; peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan mendesain media pembelajaran berbasis IT, peningkatan keterampilan guru setelah diberikan pelatihan mencapai 89,87%. Kepuasan guru ketika diberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis IT mencapai 90,70%.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmawati, A., Novia, A., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.
Hidayati, A. (2018). Need Analysis of Media Video Development for Character Education at Early Childhood Education in Padang. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 169(ICECE 2017), 108–110.
Hidayati, A., Bentri, A., & Eldarni. (2022). Supporting Factors for the Implementation of Mobile Learning for Elementary School Students Using an Authentic Approach and Real-World Activities. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(5), 107–120. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i05.26551
Hidayatullah, M., & . R. L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.
Kusbudiah, Y. (2019). Diklat Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Raudhatul Athfal. Tatar Pasundan: Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, 13(1), 93–99.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Maulida, N., Anra, H., Pratiwi, H. S., Studi, P., Informatika, T., & Tanjungpura, U. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. 6(1), 1–6.
Muftianti, A. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi: Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 178–186.
Ratiyani, I., Subchan, W., & Hariyadi, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Digital Dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktifitas Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.1002/phbl.19500060613
Rusman, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21). Bandung: Alfabeta.
Sahputra, E., Reswan, Y., & Baihaqi, I. (2020). Multimedia Interaktif Pengenalan Tatacara Sholat Berbasis Animasi 3D Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Media Infotama, 16(1), 32–36. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1118
Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 1–9.
Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070
Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970
Zahara, N., Djufri, D., & Sarong, M. A. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 105. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.243
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i2.665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.