Parents Assistance In Increasing Children's Learning Motivation Post BDR In Manisrenggo District, Klaten

Neng Desi Aryani, Dafid Slamet Setiana

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperoleh  informasi  tentang  cara  dan  upaya  orang  tua  dalam mendampingi anak, agar memiliki motivasi belajar yang tinggi baik di rumah maupun di sekolah pasca kebijakan Belajar dari Rumah akinat Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk  menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian  ini yakni: (1) pendampingan orang tua terhadap anaknya dilakukan secaa langsung.  Selain  itu,  orang  juga  melakukan  pemantauan terhadap anak dalam penggunaan gadget. Orang tua juga mendukung kegiatan belajar kelompok yang dilakukan anak bersama teman sebaya (2) Faktor-faktor yang mendukung kegiatan peningkatan motivasi belajar diantaranya yakni situasi dan kondisi  lingkungan yang kondusif untuk belajar, terdapat bimbingan belajar oleh karang taruna, adanya kegiatan belajar kelompok bersama teman sebaya.  rpendukung yaitu: (a) kondisi desa Tambi yang kondusif, (b) banyak  kegiatan keagamaan, (c) terdapat lembaga kegamaan. (3) Hasil pendampingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dapat dikatakan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Anisah, A. S. (2011). Pola asuh Orangtua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakte Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 05(05).

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. V. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069.

Elsap, D. S. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Karakter dan Motivasi Belajar Anak Melalui Pendidikan Non Formal. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2).

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan, 6(2).

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2).

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Tasyri’, 27.

Husniyah, I. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Institutional Repository, IAIN Tulungagung.

Jamaludin, D. (2013). Paradigma Pendidikan dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Johnson, D. P. (1986). Teori-teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia.

Komsi, D. N., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Kontrol Diri, Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa. Psychology Evaluation and Technology in Educational Research, 1(1).

Sari, D. (2017). Peran Orangtuan dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1).

Septiani, S. D. (2019). The Model of Berasanan Culture and its Implementation in Learning to Improve Students’ Motivation. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 9(No. 1), 37.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Sjarkawi, S. (2008). Membentuk Kepribadian Anak “Peran Moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri.” Jakarta: Bumi Aksara.

Skinner, B. F. (2009). Pendidikan di Walden Two, dalam Menggugat Pendidikan: Fundamentalis, Konservatif, Liberal, Anarkis (O. I. Naomi, ed.). Yogyakart: Pustaka Pelajar.

Soekanto, S. (2019). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno, (18(106)), 1–12.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covud-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covud-19).

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin, R. A. (2019). Hubungan antara Sistem Perilaku: Ketergantungan dengan Pengasuhan Orangtua dalam Mengelola Eating Disosder. Universitas Muhammadiyah Malang.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.