Innovation of Digital Learning in Package C Program in Facing the New Normal Education

Yeni Rita, Ciptro Handrianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu inovasi pembelajaran digital untuk warga belajar Paket C dalam menghadapi new normal pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh warga belajar Paket c dari inovasi pembelajaran digital, antara lain: (1) Warga belajar terbiasa dengan penggunaan teknologi; (2) Mewujudkan kemandirian belajar; (3) Mahir mengakses materi atau bahan ajar dari internet; (4) Meningkatkan aspek kewirausahaan dengan pemanfaatan online marketing; dan (5) Terampil berkomunikasi sebagai bagian dari masyarakat global. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu usaha yang sungguh-sungguh dari penyelenggara dan tutor program paket C untuk melakukan suatu inovasi dalam pembelajaran digital, sehingga warga belajar Paket C tetap bertahan di masa pandemik.

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives. Online Submission, 2(1), 45-51.

Al Lily, A. E., Ismail, A. F., Abunasser, F. M., & Alqahtani, R. H. A. (2020). Distance education as a response to pandemics: Coronavirus and Arab culture. Technology in society, 63, 101317.

Camilleri, M. A., & Camilleri, A. C. (2017). Digital learning resources and ubiquitous technologies in education. Technology, Knowledge and Learning, 22(1), 65-82.

Ernawati, E., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60-71.

Handrianto, C., Jusoh, A. J., Goh, P. S. C., Abdul Rashid, N., Rahman, M. A. (2020). The Role of Teachers in Drug Abuse Prevention in Schools. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 10(11), 708-716.

Handrianto, C. (2013). Penerapan Pendekatan Interaktif oleh Tutor dalam Pembelajaran Paket C Pada Kelompok Binuang Sakti Kota Padang. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 35-47.

Handrianto, C., & Rahman, M. A. (2018). Project Based Learning: A Review of Literature on Its Outcomes and Implementation Issues. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 8(2), 110-129.

Handrianto, C., Salleh, S. M., & Chedi, J. M. (2020). The Correlation between Teaching-Learning Quality and Students` Motivation to Study in Yogyakarta`s Bimbel. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(4), 527-537.

Handrianto, C., & Salleh, S. M. (2019). The Environmental Factors that Affect Students from Outside Java Island to Choose Yogyakarta’s Bimbel. International Journal of Environmental and Ecology Research, 1(1), 27-32.

Handrianto, C. (2017). The Roles of Matrilineal System Towards Integrating Religious and Cultural Values in Minangkabau Community. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(3), 373.386.

Lin, M. H., & Chen, H. G. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553-3564.

Marek, M. W., & Wu, P. H. N. (2020). Digital learning curriculum design. Pedagogies of Digital Learning in Higher Education, 163.

Musta`in, M., & Handrianto, C. (2020). Peranan Pengurusan Sekolah Berasrama Islam Nurul Hakim untuk Membangunkan Sumber Manusia Masyarakat Sekitar. Jurnal Penyelidikan Sains Sosial (JOSSR), 3(9), 114-123.

Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). Perkembangan E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 379-391.

Nana, N., & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya). 4, 82-90.

Nelson, M. J., Voithofer, R., & Cheng, S. L. (2019). Mediating factors that influence the technology integration practices of teacher educators. Computers & Education, 128, 330-344.

Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Program Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), Vol. 5. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51-60.

Rita, Y., & Handrianto, C. (2020) Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Penerapan Nilai-Nilai Kato Nan Ampek Pada Program Paket C. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 7(1), 1-14.

Rita, Y. & Safitri, N. (2020). Blended Learning in Package C Equality Program in Facing New Normal Education. Kolokium: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2).

Rouzi, K. S., Afifah, N., Handrianto, C., & Desmita, D. (2020). Establishing an Islamic Learning Habituation Through the Prophets’ Parenting Styles in the New Normal Era. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 101-111.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sun, L. P., Siklander, P., & Ruokamo, H. (2018, June). How to trigger students’ interest in digital learning environments: A systematic literature review. In Seminar. Net, 14(1), 62-84.

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi Tik Guru Sebagai Inovasi Pembelajaran di Era Digital. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2(1), 1487-1494.

Syahrudin, A., Majid, A., Yuliani, L., & Qomariah, D. N. (2019). Penerapan Konsep Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar. Jendela PLS, 4(1), 26-30.

Syuraini, S., Jamna, J., & Jalius, J. (2019). Building a Learning Society through the Coaching of Parents and Children in Taman Bacaan Masyarakat (TBM). KOLOKIUM, 7(2), 120-126. Doi: 10.25015/penyuluhan.v3i1.2151

Syuraini, S. (2017). Parenting Cooperative Model: Advances in Social Science. Education and Humanities Research, 118, 44-51. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/324221052_Parenting_Cooperative_Model

Syuraini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2019). Penanaman Nilai Karakter sebagai Upaya Mereduksi Dampak Negatif Era Digital. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). Doi: 10.24036/et.v2i2.101344

Syuraini, S., Setiawati, S., & Sunarti, V. (2018). Penyusunan Program Parenting bagi Pengelola dan Pendidik PAUD di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. KOLOKIUM, 6(2), 112-118. Doi: 10.5281/zenodo.1421717

Syuraini, S., Sunarti, V., & Zukdi, I. (2019). The Influence of the Number of Family Members to Children’s Multiple Intelligences of Students of ‘Aisyiyah Kindergarten Padang. In 1st Non Formal Education International Conference (NFEIC 2018) (pp. 126-129). Atlantis Press. Doi: 10.2991/nfeic-18.2019.27

Syuraini, S. (2020). The Effectiveness of Parenting Cooperation Models for Parents and Teachers in Developing Social and Emotional Early Childhood. KOLOKIUM, 8(1), 67-75. Doi: 10.24036/kolokium-pls.v8i1.394

Syuraini, S., Wahid, S., Azizah, Z., & Pamungkas, A. H. (2018). The cultivation of the character values of early childhood by parent. In International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology (pp. 462-466). Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Syuraini, S., & Yolanda, Y. (2019). Overview of Learning Evaluation in Entrepreneurship Subjects Equality Education Paket C. Journal of Nonformal Education, 5(2), 203-208. Doi: 10.15294/jne.v5i2.20203




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v9i1.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.