Efforts to Improve Learning Outcomes on Craftsmanship and Entrepreneurship in Vocational School of Project Based Learning (PjBL) Learning Model
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agusningrum, A. (2015). Revitalisasi Implementasi Kurikulum 2013. In Sukidin, B. Suyadi, S. Wahyuni, J. Widodo, P. Suharso, & R. N. Sedyati (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Transformatif dan Tantangan Masa Depan Bangsa (pp. 58–67). Jember: UPT Penerbitan Universitas Jember.
Ansori, A. H. (2019). Project-Based Learning; Penerapan Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills Mahasiswa (Makalah). Pandeglang. Retrieved from http://staisman.ac.id/assets/uploads/download/staisman-09204648.pdf
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hutasuhut, S. (2010). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan pada Jurusan Manajemen FE Unimed. Pekbis Jurnal, 2(1), 196–207. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/download/383/377
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Pamungkas, A. H. (2017). Rancangan Pengembangan Program Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pendidikan Luar Sekolah. In Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu (Vol. 1, pp. 199–206). Bengkulu: Universitas Bengkulu. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/11756/1/18. Alim Harun Pamungkas RANCANGAN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH.pdf
Rati, N. W., & Kusmaryatni, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Suhardiyanto, A. (2009). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivistik. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 68–77. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/download/498/455
Sunardi, S., Ihwanudin, M., & Fitrianto, F. D. (2015). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Proyek: Inovasi untuk Meningkatkan Kesesuaian Kompetensi Produktif di SMK dengan Kebutuhan Dunia Kerja. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM (pp. 140–153). Malang: UM Press. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_254532947344.pdf
Wahid, S. (2013). Menumbuhkembangkan Jiwa Wiraswasta: Suatu Pendekatan Melalui Pendidikan. Malang: Wineka Media.
Wahid, S. (2017). Theory and Practice of Entrepreneurship Education in Higher Education: Case Study PLS FIP UNP. In Seminar Nasional Pendidikan Nonformal FKIP Universitas Bengkulu (Vol. 1, pp. 184–198). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 49–62. Retrieved from http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/download/18/12/
Wahyuni, S., Hasdin, H., & Nurvita, N. (2018). Penerapan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas III di SDN 15 Biau. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3), 210–223. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/download/3847/9488
Zulfatmi, Z. (2016). Internalisasi Nilai Melalui Student Centered Learning (SCL) Approach. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(2), 312–328. https://doi.org/10.22373/jm.v6i2.1087
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i2.349
Refbacks
- There are currently no refbacks.