Hubungan antara Konsep Diri dengan Minat Berwirausaha

Lira Dwita Fitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat berwirausaha lulusan pendidikan kecakapan kerja keterampilan tata busana. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan: (1) konsep diri lulusan pendidikan kecakapan kerja keterampilan tata busana, (2) minat berwirausaha lulusan pendidikan kecakapan kerja keterampilan tata busana, dan (3) hubungan antara konsep diri dengan minat berwirausaha lulusan pendidikan kecakapan kerja keterampilan tata busana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang, sampel ditarik dari populasi sebanyak 80%. Jadi sampel berjumlah 16 orang lulusan pendidikan kecakapan kerja keterampilan tata busana. Dengan teknik penarikan sampel area random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan alat pengumpul data adalah daftar pernyataan tertulis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan rumus rank order. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) konsep diri lulusan pendidikan kecakapan kerja pada keterampilan tata busana rendah, (2) minat berwirausaha lulusan pendidikan kecakapan kerja pada keterampilan tata busana rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan minat berwirausaha lulusan pendidikan kecakapan kerja pada keterampilan tata busana.

Kata Kunci: Konsep Diri, Minat Berwirausaha, Pendidikan Kecakaapan Kerja


Full Text:

PDF

References


Aini, W. (2006). Konsep Pendidikan Luar Sekolah (Buku Ajar). UNP: PLS FIP.

Amini, D. S., & Nurtjahjanti, H. (2016). Konformitas dan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Administrsi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Empati, 5(1), 96–101.

Ananda, D. R. T., & Sawitri, D. R. (2015). Konsep Diri ditinjau dari Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di Panti Asuhan Qosim Al-Hadi Semarang. Empati, 4(4), 298–303.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghufron, & Risnawita, R. (2010). Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hanafi, A. H. (2010). Metodologi Penelitian Kependidikan. Batusangkar: STAIN Press.

Kurniasih, A., Lestari, S. D., & Herminingsih, A. (2011). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Kewirausahaan dan Pengaruhnya Terhadap Sikap dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa (Studi Komparatif Antara UBL VS UMB Jakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 2(2), 129–146.

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.

Mudjiran dkk. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP Press.

Prayitno, E. (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: BK FIP UNP.

Saputri, M. E., & Moordiningsih. (2016). Pembentukan Konsep Diri Remaja pada Keluarga Jawa yang Beragama Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(02), 261. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Siswadi, Y. (2013). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Memengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen & Bisnis, 1(01), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono, J. (2003). Menumbuhkan Minat Belajar Untuk Mencapai Sukses dalam Studi. Jakarta: Erlangga.

Sumantri, D. (2013). Pengaruh Faktor Aspirasi Pekerjaan dan Aspirasi Jurusan Terhadap Kematangan Karir Siswa SMK Jurusan Otomotif di DIY 2012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v5i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.