Gambaran Perilaku Pengasuhan Remaja oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga

Efriza Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkah laku anak yang baik, pribadi yang baik, sifat ramah tamah dan juga sifat sopan santun kepada semua orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran peran orang tua yang ditinjau dari kontrol, dukungan, komunikasi, kedekatan, dan pendisiplinan terhadap remaja dalam perilaku pengasuhan di Jorong Tanjung Betung, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah orang tua yang memilki remaja usia 13-20 tahun sebanyak 65 orang dengan sampel 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpul data adalah angket dengan alat pengumpul data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan perilaku pengasuhan oleh orang tua terhadap remaja sangat baik, terlihat dari tingginya persentase jawaban selalu dan sering. Disarankan kepada orang tua agar bentuk perilaku pengasuhan pada remaja lebih ditingkatkan lagi.

Kata Kunci: Perilaku Pengasuhan, Remaja


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43–53.

Engkoswara, & Komariah. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hedyanti, W. N., Sudarmiatin, & Utaya, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 865–873.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260.

Lestari. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana.

Muchith, M. S. (2015). Membangun Komunikasi Edukatif. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 165–184.

Resty, G. T. (2016). Pengaruh Penerimaan Diri Terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatim Piatu Aisyayah Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(5).

Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Soelaiman, J. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vinayastri, A. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang Tua Terhadap Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3(1), 33–42.




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v5i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.