Implementation of the Merdeka Curriculum from a Critical Pedagogical Perspective: A Literature Review

Nofri Yadi, Yusuf Tri Herlambang

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan inovasi kebijakan pendidikan yang dirancang untuk memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang kontekstual, inklusif, dan berorientasi pada penguatan karakter siswa melalui Profil Pelajar Pancasila. Namun, dalam implementasinya, kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan yang menghambat pencapaian tujuan idealnya. Artikel ini bertujuan untuk meninjau secara kritis implementasi Kurikulum Merdeka melalui pendekatan pedagogik kritis, khususnya gagasan Paulo Freire, serta menelaah relevansinya terhadap pembelajaran bermakna (deep learning). Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap sepuluh artikel ilmiah nasional dan internasional yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar dalam mewujudkan pendidikan transformatif yang dialogis dan kontekstual. Namun demikian, kendala berupa beban administratif guru yang tinggi, keterbatasan sarana prasarana di sekolah, dan minimnya pelatihan pedagogik reflektif menjadi hambatan signifikan dalam pelaksanaannya. Artikel ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Kurikulum Merdeka memerlukan dukungan struktural yang memadai, penguatan kapasitas pendidik dalam pendekatan humanis, serta evaluasi kebijakan yang berorientasi pada keadilan dan emansipasi pendidikan.

References


Agustiani, W., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Kemerdekaan Belajar untuk Siswa: Studi Kritis dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 830-835. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1418

Ahmad, D., Mahir, I., & Prihantono, C. R. (2024). Innovative models for SMK and industry partnerships aligned with the merdeka belajar curriculum. Journal of Pedagogi, 1(3), 49-60.

Aimar, G., & Azwar, B. (2024). Konsep Berpikir Kritis Paulo Freire dan Relevansinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup). http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6378

Amirudin, A., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2022). An Analysis of Critical Education Study on Independent Learning Campus Policy. Jurnal Basicedu, 6(2), 2777-2782. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2482

Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1-16. https://doi.org/10.24036/8851412712023733

BPMP Kalimantan Utara. (2025). Pembelajaran Mendalam. https://bpmpkaltara.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2025/02/nasmik-deep- learning-2025-full_10-feb.pdf

Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1885- 1897.

Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374-386). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429339530-34

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna dan implementasi kurikulum merdeka belajar dan relevansinya bagi perkembangan siswa di sekolah dasar: telaah kritis dalam tinjauan pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270-1280. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6118

https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1211523

https://kurikulum.kemdikbud.go.id

Juliastuti, A. A., Fachrozi, A. D., Putri, F. E., Sari, R. I. A., & Asvio, N. (2024). Tantangan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Tahun Pertama Di Mis Humaira Kota Bengkulu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 21-34. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6055

Kartika, R. O., Billah, A. N., & Muqowim, M. (2024). PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA: Pendekatan Humanistik, Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Humanistik, Pembelajaran PAI Dalam Kurikulum Merdeka. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 51-71. https://doi.org/10.33477/alt.v9i1.7309

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Korthagen, F. A. J. (2017). Inconvenient truths about teacher learning: Towards professional development 3.0. Teachers and Teaching, 23(4), 387–405.

Kusumawati, N. A. Telaah Kritis Teori Belajar Kognitif Paulo Freire terhadap Sistem Pendidikan di Indonesia. In National Conferences:“Research and Community Service (Implementation of the of Scientifically Based Research in The Era of Society 5.0).

Mahardhani, A. J., & Utami, P. S. (2022). The “Paulo Fraire” Educational Thinking Paradigm in the Service Learning Model in Higher Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 2837-2850. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1038

Masri, M., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2024). Implementasi kebijakan pendidikan kurikulum merdeka belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(4), 347- 352. https://doi.org/10.29210/30032794000

Nasri, N. M. (2019). Deep Learning: Engage the World Change the World, Michael Fullan, Joanne Quinn, Joanne McEachen. Southeast Asian Social Science Review, 4(2), 165-168. https://doi.org/10.29945/SEASSR.201911_4(2).0009

Nugraha, D. M. D. P., & Juniayanti, D. (2024). Penguatan Literasi Siswa di Sekolah Dasar dalam Era Kurikulum Merdeka Belajar: A Systematic Literature Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 499-509. DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.407

Pamungkas, A. H., Hardika, H., & Ahmad, A. (2022). Membaca Ulang Pancasila sebagai Landasan Pendidikan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 1-7. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1418

Radar Jogja. (2024). Kurikulum Merdeka Fokus Pembelajaran Diferensiasi, P5 Tekankan Pendidikan Karakter Peserta Didik. https://radarjogja.jawapos.com/pendidikan/655067592/kurikulum-merdeka-fokus- pembelajaran-diferensiasi-p5-tekankan-pendidikan-karakter-peserta-didik

Rosyada, A., Syahada, P., & Chanifudin, C. (2024). Kurikulum merdeka: Dampak peningkatan beban administrasi guru terhadap efektivitas pembelajaran. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 238-244. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.491

Siruwa, W., Mappincara, A., & Hasan, H. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pengelolaan Kelas Rangkap Di Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 181-187. https://doi.org/10.55983/empjcs.v2i5.415

Siswadi, G. A. (2024). Education and liberation: A critical study of the humanistic school of pedagogy. EDUCATION, CHARACTER, AND HUMANISTIC PEDAGOGY.

Siswadi, G. A. (2024). Paradigma Pendidikan Kritis Paulo Freire dan Relevansinya dalam Pengembangan Pendidikan Humanis di Indonesia. Japam (Jurnal Pendidikan Agama), 4(2), 176-187. https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.2871

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Al Aluf, W., Fadhillah, M. R., Yolanda, S., & Anshori, M. I. (2023). Dampak transformasi era digital terhadap manajemen sumber daya manusia. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 99-111. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2222

Wahyuni, S., Utami, N. F., & Wulandari, P. (2023). Negara dan Pendidikan dalam Perspektif Pedagogi Kritis.

Zahrotun, I., & Kamal, R. (2023). Analisis Efektivitas Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 9-14. https://doi.org/10.56997/pgmi.v2i1.1278




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v13i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://jurnal.successwithauctions.com/

https://form.gareythethird.com/

https://web.aonevanlines.com/

https://ftd.itsb.ac.id/program-studi/

https://ftd.itsb.ac.id/roadmap-penelitian/

POSTOTO787