Philosophical Review in Disaster Mitigation-Based Science Education
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al’afani, F., Wahyono, U., & Miftah, M. (2022). PENERAPAN MODUL MITIGASI BENCANA YANG TERINTEGRASI DALAM PELAJARAN IPA DI SMP TERDAMPAK TSUNAMI. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 10(1), 33-38.
Aloni, N. (2011). Humanistic education: From theory to practice Education and humanism (pp. 35-46): Brill.
Arif, A. M. (2024). Learning Model for Natural Disaster Mitigation Based on Local Wisdom. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 16(1), 255-264.
Ayunda, H. S., & Safitri, D. (2024). Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal Nyabuk Gunung. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 791-795.
Dewi, I. K., & Sukmanasa, E. (2016). Mitigasi Bencana Sebagai Bahan Pembelajaran IPA dan IPS pada Kurikulum 2013 untuk Jenjang Pendidikan Dasar Kelas 5. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 322-329.
Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2025). Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 114-122.
Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130-161.
Garrison, J. (1994). Realism, Deweyan pragmatism, and educational research. Educational researcher, 23(1), 5-14.
Handayani, F. (2020). Membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui literasi digital berbasis STEM pada masa pandemik covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69-72.
Hidayat, Z., & Ermawati, E. (2022). Urgensi Capacity Building Terhadap Resiko di Kawasan Gunung Semeru Lumajang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1265-1270.
Huntington, B. (2005). Early Learning Initiative for Wisconsin Public Libraries: Wisconsin Department of Public Instruction.
Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan model simulasi tentang pembelajaran mitigasi bencana alam gempa bumi berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 6(1).
Maknun, J. (2015). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Kejuruan. ATIKAN, 5(2).
Maryati, Y. (2024). Humanism in Philosophical Studies. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 4(2), 96-103.
Mughal, F., & Zafar, A. (2011). Experiential learning from a constructivist perspective: Reconceptualizing the Kolbian cycle. International Journal of Learning and Development, 1(2), 27-37.
Ningsih, N. K., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Pembelajaran ipa berbasis etnosains dalam tinjauan filsafat. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 35-48.
Pambudi, D. (2019). Pengembangan media pop up book sebagai edukasi mitigasi bencana bagi siswa sekolah dasar. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 833-836.
Puyanti, P., Susanti, S., Elza, H., Diah, S., & Henny, J. (2022). Desain Pembelajaran Terintegrasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematic And Society. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 218-224. doi: 10.55123/abdikan.v1i2.1644
Puyanti, P., Susanti, S., Heryenzi, E., Suprihatin, D., & Johan, H. (2022). Desain Pembelajaran Terintegrasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematic And Society. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 218-224.
Qismawa, H. U., & Jumini, S. (2020). Pengembangan komik berbasis mitigasi bencana sebagai sumber belajar ipa untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Paper presented at the Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ.
Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal Varidika, 30(1), 1-11.
Rahmayani, D., Johan, H., Sutarno, S., Parlindungan, D., & Defianti, A. (2024). ANALISIS KETERLAKSANAAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI WILAYAH PESISIR KOTA BENGKULU. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 97-105.
Rukanda, N., Yuliani, A., Noor, A. H., Mustika, I., Prabawati, M. N., Mulyani, E., . . . Aprianti, E. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal: Bayfa Cendekia Indonesia.
Ruslan, R., Nilawati, S., Marjuni, A., & Achruh, A. (2024). Hubungan Antara Filsafat Dan Pendidikan. GUIDING WORLD (BIMBINGAN DAN KONSELING), 7(1), 157-163.
Sari, N., Dayurni, P., & Nur, M. (2023). Pengembangan Edu-Game dalam Meningkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 555-567.
Septiani, E. (2023). Education for Sustainable Development (ESD) Berbasis Perubahan Iklim Dalam Pendidikan IPS. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional FISIP UNNES.
Shutaleva, A. (2023). Ecological culture and critical thinking: building of a sustainable future. Sustainability, 15(18), 13492.
Suarmika, P. E., Arnyana, I. B. P., Suastra, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Reconstruction of disaster education: The role of indigenous disaster mitigation for learning in Indonesian elementary schools. International Journal of Disaster Risk Reduction, 72, 102874.
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan mitigasi bencana di Sekolah Dasar (sebuah kajian analisis etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18-24.
Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran Rain Water Harvesting pada Mata Pelajaran Biologi Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 10(2), 74-84.
Yunus, A. Y., Ahmad, S. N., Latief, R., Mulfiyanti, D., Badrun, B., Syarif, M., . . . Aryadi, A. (2024). Bencana Alam dan Manajemen Risiko Bencana: Tohar Media.
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v13i1.1040
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.