Participatory Learning Strategy in the Retirement School Program to Achieve Quality Village Education

Moch. Badrun Nafi' Udin, Endang Sri Redjeki, Umi Dayati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sebagai desa yang dinobatkan sebagai Desa Mandiri dalam IDM (Indeks Desa Berkembang), meski sudah dinobatkan sebagai Desa Mandiri namun tetap memerlukan pendampingan. Data yang diperoleh peneliti berjumlah 2.559 orang, dari jenis pekerjaan yaitu pensiun/menganggur/belum bekerja. Untuk mengatasi hal tersebut, LSM Yayasan Investasi Sosial Indonesia (YISI) melaksanakan program sekolah pensiun agar lebih produktif di masa pensiun. Proses penyadaran menggunakan strategi pembelajaran partisipatif karena mayoritas siswa yang belajar adalah orang dewasa. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) apa saja strategi pembelajaran partisipatif yang digunakan oleh fasilitator di sekolah pensiun, (2) apa dampak sekolah pensiun terhadap proses pembangunan berkelanjutan desa pada poin 04 (SDGs-Desa Berkualitas). Pendidikan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tahapan metode penelitian ini adalah (1) Studi pendahuluan lokasi penelitian, (2) Pengumpulan data dan profil desa Karangjati, (3) Pengembangan instrumen, (4) pengumpulan data, (5) analisis temuan, (6) Triangulasi data, (7) penarikan kesimpulan, dan (8), penyusunan artikel


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1–13.

Indratno, R., Muchlis, M., & Fathullah, Z. (2019). Perbandingan Hukum Mengenai Batas Usia Pensiun Bagi Pekerja Di Sektor Swasta Dalam Sistem Hukum Ketenagakerjaan Di Indonesia Dan Malaysia. Perspektif Hukum, 150–166.

Iskandar, A. H. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kemendes PDTT. (2020).

SDGs Desa Nomor 4: Pendidikan Desa Berkualitas. Sdgsdesa.Kemendesa.Go.Id. https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/sdgs-desa-nomor-4-pendidikan-desa-berkualitas/

Manalu, N., Anggusti, M., & Simamora, J. (2021). Kepastian Hukum Manfaat Pensiun Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Dengan Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 Klaster Iv Dan Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2015. Nommensen Journal of Legal Opinion, 252–267.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Sudagung, A. D., Putri, V., Evan, J., Sasiva, I., & Olifiani, L. P. (2019). Upaya Indonesia Mencapai Target Sustainable Development Goals Bidang Pendidikan di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (2014-2019). Jurnal Polinter: Kajian Politik Dan Hubungan Internasional, 5(1), 1–27.

Sujarwo, S. (2007). Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 3(2).

Sumarni, S., Nasir, M., & Herlina, B. (2020). Strategi Pembelajaran Partisipatif pada Proses Penyelenggaraan Program Paket C di Kabupaten Wajo. Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 9–18.

Ulum, M. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Fasilitator Pada Anggota Sekolah Pensiunan Aqua Lestari (SPENA) Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 222–232.

Wahyu Sudoyo. (2021). Poin SDGs Desa Diharap Jadi Faktor Penilaian BPS. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/522932/poin-sdgs-desa-diharap-jadi-faktor-penilaian-bps?video=#

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25–52




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.