The Urgency of Competency-Based Training in Enhancing Workplace Performance
Abstract
Pendidikan non formal saat ini sedang gencar diberikan oleh berbagai pihak dan salah satunya adalah pendidikan dan pelatihan, hal ini dikarenakan di era globalisasi dan zaman yang semakin maju, kondisi saat ini sangat krusial, persaingan dimana-mana dan sangat ketat dan hal ini terjadi dalam berbagai aspek kehidupan. masyarakat, termasuk dunia kerja. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menghadapi hal tersebut agar kita dapat bertahan dan terus bergerak maju. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan prestasi kerja dengan mengasah skill, menambah pengetahuan atau wawasan dan bagaimana berperilaku dengan benar, dan untuk menjawab permasalahan tersebut pelatihan berbasis kompetensi merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Artikel ini akan membahas lebih lanjut urgensi pelatihan berbasis kompetensi dalam meningkatkan prestasi kerja. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan berbagai sumber yang ada. Pada artikel ini ada beberapa poin yang dapat penulis simpulkan, yaitu: kompetensi memiliki peran vital dalam meningkatkan kompetensi individu, relevansi dengan tujuan kerja, meningkatkan produktivitas, efisiensi operasional, dan beradaptasi dengan perubahan. Efektivitas pelatihan berbasis kompetensi juga terlihat dalam meningkatkan efisiensi pengembangan sumber daya manusia, memungkinkan adaptasi terhadap perubahan, dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kinerja kerja secara keseluruhan.
Full Text:
PDFReferences
Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155
Febriyarso, E. B., & Ruslan, S. (2021). the Importance Role of Competency-Based on Training, Motivation and Organizational Culture in Improving the Employee Performance in Education and Research Training Centers and Hr Development At the Ministry of Communication and Informatics. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(4), 642–653. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i4.827
Landa, K. S., Kamil, M., & Sardin, S. (2021). Analisis Efektivitas Pelatihan Berbasis Kompetensi “Meta Sintesis Komponen Pelatihan.” Jendela PLS, 6(2), 67–76. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.3189
Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 156. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p156-164
Sjofjan, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan/Pelatihan Berbasis Kompetensi. In Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan (pp. 1–43).
Škrinjarić, B. (2022). Competence-based approaches in organizational and individual context. Humanities and Social Sciences Communications, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-022-01047-1
Sumendap, J., Mandey, J., & Mambo, R. (2015). Pentingnya Kompetensi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Biro Umum dan Keuangan. Jurnal Administrasi Publik, 4(32), 8.
Triyana, I. G. N. (2021). Pembelajaran Mandiri Perspektif Sosiologi Antropologi Pendidikan. Jurnal Agama Dan Budaya, 5(1), 25–30. file:///C:/Users/laa tansa/Downloads/1425-2758-1-SM.pdf
Wiliandari, Y. (2018). Rancangan Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Yang Efektif. Society, 5(2), 93–110. https://doi.org/10.20414/society.v5i2.1460
.
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.