The Relationship Between Parental Involvement and Learning Outcomes of Class VII Students at SMP Negeri 3 Padang

Siska Afrina, Wisroni Wisroni

Abstract


Siska Afrina, 2023. Hubungan Keterlibatan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Tesis. Fakultas Pendidikan Sains. Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII.4 dan VII.5 di SMP Negeri 3 Padang. Karena banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 dan VII.5 SMP Negeri 3 Padang yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga besar sampel penelitian ini adalah 80% dari 63 orang yaitu 50 siswa. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada responden penelitian, teknik analisis data menggunakan persentase untuk mencari korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar masih tergolong rendah. Keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang masih tergolong rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Disarankan bagi orang tua untuk terlibat dalam proses pembelajaran anaknya, dan bagi peneliti lain untuk dapat meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi keterlibatan orang tua.

Kata Kunci: Keterlibatan Orang Tua, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Biantoro, R. N. (2022). Pengaruh Tingkat Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era New Normal. 1–23.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fithriani. (2020). Peran orang tua memberikan motivasi terhadap prestasi anak dalam keluarga. Jurnal Intelektualita, 9(2), 1–13.

Hamalik. (2010). Belajar dan Teori Belajar (edisi revi). Jakarta: Bumi Aksara.

Irmawita. (2014). PENATAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN WARGA BELAJAR PENDIDIKAN NONFORMAL Oleh: Irmawita Universitas Negeri Padang. XIV(2), 72–81.

Ismaniar. (2019). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Stimulasi Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Pendekatan Environmental Print Ismaniar. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6.2, 1–8.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Nasution, I., & Suharian, S. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Visipena, 11(2), 266–280. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1154

Prasetyo, F. A. D. (2018). Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orangtua dalam Proses Belajar Anak Menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Universitas Sanata Dharma.

Ridwan, M. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri Unggulan Sindang …. Permata: Jurnal Pendidikan Agama …, 1, 94–108.

Setiawati, Syur‘aini, I. (2019). Jurusan pendidikan luar sekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri padang 2019.

Setiawati, Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini.

Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (S. (Jakarta: P. R. Cipta (Ed.); Vol. 61). 2010.

Sudjana, N. (2009). No Title (2009th ed.). Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan (2006th ed.). Jakarta: Rajawali pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. (n.d.).

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Yaumi, M. (2008). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Yulidar, Y., Syuraini, S., & Ismaniar, I. (2018). Gambaran Minat Warga Belajar Mengikuti Kegiatan Randai di Sanggar Seni Mustika Minang Duo Kota Pariaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 245. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9489




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.