Parental Supervision Of Children’s Learning In RW 4 Ulak Karang Selatan Sub-District

Febby Septiana, Syur'aini Syur'aini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengawasan orang tua terhadap pembelajaran anak di RW 4 Kecamatan Ulak Karang Selatan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara orang tua melakukan pengawasan terhadap pembelajaran anak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan ini menggunakan deskriptif kualitatif karena permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini berupa kata-kata, baik tertulis maupun lisan, tidak berkaitan dengan angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pengawasan orang tua terhadap pembelajaran anak di RW 4 Kecamatan Ulak Karang Selatan yaitu orang tua bertanggung jawab mengawasi dan mengarahkan kegiatan belajar anak. (2) Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak di RW 4 Kelurahan Ulak Karang Selatan yaitu upaya ayah dan ibu dalam mengawasi, memperhatikan, menilai seluruh kegiatan anak apakah sudah dilaksanakan dengan benar atau belum dan dengan pola pengawasan tersebut orang tua mengawasi anak dalam belajar. (3) Bentuk pengawasan orang tua terhadap pembelajaran anak di RW 4 Kelurahan Ulak Karang Selatan yaitu bentuk pengawasan apa yang dilakukan orang tua terhadap anak ketika anak sedang belajar, apakah orang tua membimbing dan membantu anak dalam belajar dan apakah orang tua memenuhi pembelajaran anak kebutuhan dan memberikan motivasi. pembelajaran anak-anak.
Kata Kunci: Pengawasan, Orang Tua, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aliwanto, (2019). Analisis Aktivitas Belaja, Jurnal Konseling Gusjigang Vol 3 No. 1

Basrowi dan Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

De Porter & Hernacki. (2013). Quantum Learning:Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: KAIFA.

Djaali, (2014) Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Angkasa, 128.

Eva Fahrianti “Peran Orang Tua Dalam Pengawasan Anak. E Journal Ilmu Komunikasi Vol 4 No.4 (2016) 45-46.

Fahriati, & Syuraini. (2018). Hubungan Kepedulian Orang Tua Dengan keberhasilan pendidikan anak di jorong labuai kecamatan koto balingka kabupaten pasaman barat. Pendidikan Luar Sekolah, 1, 263.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA, 6(2), 142.

Helmawati, Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), hlm.45-48.

Herjanti. (2015). Pola Asuh Orang Tua tentang Pendidikan Seks Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia. Vol. 5 (2).

Inderawan (2020) Pendidikan Non Formal Dikuti Dari “Menyikap Paikem Tabir Dalam Pendidikan Non Formal (Syuraini: 2020).

Ismaniar, I., Jamaris, J., & Wisroni, W. (2018). Pentingnya Pemahaman Orang Tua tentang Karakteristik Pembelajaran AUD dalam Penerapan Model Environmental Print Berbasis Keluarga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 93–100.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI 2016). Luar Jaringan (Offline), Badan Pengembangan dan Pembinaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Murdiyanto, Y. (2017). Pengaruh Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak di Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Terakreditasi A Gugus Gajah Mada Randublatung Blora. Skripsi, Program Srata Satu,Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. Dipublikasikan.

Praherdhiono, Henry. 2020. Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang: CV. Seribu Bintang.

Siregar, Evelin & Hartini, Nara. (2014) Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Gralia Indonesia, hlm 23.

Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), 34.

Sunarti, V. (2014). Peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam Rangka Mitigasi Bencana. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2(2), 31–41.

Tri Nugroho Adi, “Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Aktivitas Anak di Dunia Maya: Studi Kasus Pda Keluarga dengan Anak Remaja Usia 12-19 Tahun di Purwokerti”, Acta DiurnaVol 13 No. 2 (2017), 3

Wijanarko, Jarot. (2018). Mendidik Anak Dengan Hati Parenting Book Series. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i3.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.