Development of Tanggomo-Based Teaching Modules to Improve Gorontalo Language Skills in Children in State Kindergartens in Mananggu District
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Hartati, S. T. (2023). Penggunaan Media Sebagai Alat Dalam Pembelajaran. 1–8. Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Peserta didik Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. 5, 1809–1815.
Hilwa, N., Nurasiah, I., & Lyesmaya, D. (2021). Pengaruh Media Wayang Sukuraga Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Peserta didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1482. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8428
Hoerudin, C. W. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. 3(1), 32–41.
Nazir M. (2013). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
Novi, E., Siloto, T., Hutauruk, A., & Juliardi, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. 04(02), 194–209.
Pateda Mansoer. (2006). Tata Bahasa Sederhana Bahasa Gorontalo. Gorontalo: Viladan.
Putri, T. N., Afifah, D. R., & Anwar, R. N. (2024). Manfaat modul ajar terhadap hasil belajar peserta didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, (SENASSDRA), 3(3), 18–21.
Rifdah, S. N., & Rizkiani, A. (2022). Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. 15 (November 2021), 45–54.
Rachman, M. (2015). 5 Pendekatan Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK, R&D. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Rubiyanto, Rubino. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : PSKGJ FKIP UMS.
Setiadi, Elly M. dkk. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-3. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspirational Education, 6(2), 316–334.
Salsabilla, I. I., & Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. 2(1), 470–477.
Taufiq, Andang, & Imansyah, M. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka :Pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah memiliki keterkaitan erat dengan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar . Guru diharuskan memiliki keterampilan untuk menyusun mod. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran (JUNDKIMA), 02(03), 48–54.
Tuloli Nani. (1991). Tanggomo; salah satu ragam sastra lisan Gorontalo, Jakarta : Intermasa.
Zulfa, Umi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (edisi revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.24036/kolokium.v13i2.1149
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

